Tuesday, July 19, 2016

Honda Beat larinya ngacir dan responsif dengan cara mengganti part CVT.

Honda beat karbu... motor pertama ane yang dibeliin sama ortu, belinya second pula, K
Tapi gapapa lah toh dari segi body masih keliatan kinyis kinyis, tapi yang bikin ane kecewa adalah performa si beat ini sangat mengecewakan, mungkin dahulu pemilik sebelumnya ini tidak pernah service rutin dan memang sebenernya jam terbangnya udah tinggi juga ini motor udah mencapai 46500KM, pas ane bejek gas ini motor ampe abis kecepatan yang bisa maksimal Cuma sekitar 70 sampe 75 di lintasan yg lurus, apalagi pas dibawa berboncengan tenaganya seakan gak ada.
Yaudah deh ane anterin ini motor ke bengkel dan coba diservice, orang bengkel sana cuma mengganti oli sama mencopot 3 roller yang ada, entah apa maksudnya tp ane terserah aja ane serahin semuanya ke mekaniknya, sekarang ane tau kalo maksudnya itu supaya rollernya cepet naik dan bisa cepet juga ngejepit venbelt lalu roda bisa cepet juga muter, pas udah service emang ada kerasa peningkatan di akselerasi tapi tetep aja top speed gak bisa lebih dari 75 di lintasan lurus.
Ane baca berbagai sumber di mbah gugel kalo buat ningkatin performa si beat cara simpel dan amannya bisa dengan mengganti roller standar bawaan dengan roller racing serta per cvt racing. Tapi sebenernya penggantian roller seperti ini ada kekurangan dan kelebihan yaitu apabila kita memasang roller yang ringan maka kita akan memperpoleh kelebihan dalam akselerasi yang cepat namun akan sulit mencapai top speed bila roller kita terlalu ringan karena venbelt kurang terjepit dengan kuat oleh rumah roller, sedangkan apabila kita memasang roller yang berat kita akan memperoleh akselerasi yang lambat namun top speed yang lebih baik bisa kita dapatkan. Singkat cerita ane pergi ke bengkel lagi buat ganti part cvt tadi.
Karena ane sering melewati jalan yang ramai, banyak belokan dan lampu merah, ane memilih untuk memakai roller yang ringan yang enak buat dipakai stop and go, ane mengganti roller dengan berat 8 gram, per cvt 1500RPM, venbelt baru...sayang banget buat venbelt pas gak ada stock yang racing jadi pake yang ori aja, dan tak lupa biar lebih joss ganti juga kampas otomatis...beberapa sumber mengatakan jikalau kampas sudah terkikis 1mm saja agar akselerasi menjadi enak haruslah diganti dengan yang baru, atau bisa juga dengan cara murahnya...kita gak usah ganti kampas tersebut tapi cukup dengan membuat garis garis menyamping dengan gergaji besi agar kampas bisa mencengkram mangkuk kampas otomatis sehingga mengurangi selip, agan bisa memilih part cvt tadi dari berbagai merk dengan harga bisa menyesuaikan kantong agan, tapi ane sarankan belilah part dari merk yang sudah teruji dan terpercaya oleh orang banyak, walaupun harganya sedikit mahal tapi kualitasnya tidak akan berkhianat. :D

Tonton vide di channel kami ya :)

No comments:

Post a Comment