Honda beat karbu... motor pertama ane yang dibeliin sama
ortu, belinya second pula, K
Tapi gapapa lah toh dari segi body masih keliatan kinyis
kinyis, tapi yang bikin ane kecewa adalah performa si beat ini sangat
mengecewakan, mungkin dahulu pemilik sebelumnya ini tidak pernah service rutin
dan memang sebenernya jam terbangnya udah tinggi juga ini motor udah mencapai
46500KM, pas ane bejek gas ini motor ampe abis kecepatan yang bisa maksimal
Cuma sekitar 70 sampe 75 di lintasan yg lurus, apalagi pas dibawa berboncengan
tenaganya seakan gak ada.
Yaudah deh ane anterin ini motor ke bengkel dan coba
diservice, orang bengkel sana cuma mengganti oli sama mencopot 3 roller yang
ada, entah apa maksudnya tp ane terserah aja ane serahin semuanya ke
mekaniknya, sekarang ane tau kalo maksudnya itu supaya rollernya cepet naik dan
bisa cepet juga ngejepit venbelt lalu roda bisa cepet juga muter, pas udah
service emang ada kerasa peningkatan di akselerasi tapi tetep aja top speed gak
bisa lebih dari 75 di lintasan lurus.
Ane baca berbagai sumber di mbah gugel kalo buat ningkatin
performa si beat cara simpel dan amannya bisa dengan mengganti roller standar
bawaan dengan roller racing serta per cvt racing. Tapi sebenernya penggantian
roller seperti ini ada kekurangan dan kelebihan yaitu apabila kita memasang
roller yang ringan maka kita akan memperpoleh kelebihan dalam akselerasi yang
cepat namun akan sulit mencapai top speed bila roller kita terlalu ringan
karena venbelt kurang terjepit dengan kuat oleh rumah roller, sedangkan apabila
kita memasang roller yang berat kita akan memperoleh akselerasi yang lambat
namun top speed yang lebih baik bisa kita dapatkan. Singkat cerita ane pergi ke
bengkel lagi buat ganti part cvt tadi.
Karena ane sering melewati jalan yang ramai, banyak belokan
dan lampu merah, ane memilih untuk memakai roller yang ringan yang enak buat
dipakai stop and go, ane mengganti roller dengan berat 8 gram, per cvt 1500RPM,
venbelt baru...sayang banget buat venbelt pas gak ada stock yang racing jadi
pake yang ori aja, dan tak lupa biar lebih joss ganti juga kampas
otomatis...beberapa sumber mengatakan jikalau kampas sudah terkikis 1mm saja
agar akselerasi menjadi enak haruslah diganti dengan yang baru, atau bisa juga
dengan cara murahnya...kita gak usah ganti kampas tersebut tapi cukup dengan
membuat garis garis menyamping dengan gergaji besi agar kampas bisa mencengkram
mangkuk kampas otomatis sehingga mengurangi selip, agan bisa memilih part cvt
tadi dari berbagai merk dengan harga bisa menyesuaikan kantong agan, tapi ane
sarankan belilah part dari merk yang sudah teruji dan terpercaya oleh orang
banyak, walaupun harganya sedikit mahal tapi kualitasnya tidak akan berkhianat.
:D
Tonton vide di channel kami ya :)
Tonton vide di channel kami ya :)
No comments:
Post a Comment